'/> Soal Un/Unbk Sosiologi Dan Kunci Balasan Lengkap Dengan Pembahasan Part-9

Info Populer 2022

Soal Un/Unbk Sosiologi Dan Kunci Balasan Lengkap Dengan Pembahasan Part-9

Soal Un/Unbk Sosiologi Dan Kunci Balasan Lengkap Dengan Pembahasan
Part-9
Soal Un/Unbk Sosiologi Dan Kunci Balasan Lengkap Dengan Pembahasan
Part-9
Soal UN/UNBK Sosiologi dan Kunci Jawaban Lengkap dengan Pembahasan Part-9 merupakan bab terakhir dari rangkaian soal-soal ujian nasional sosiologi. Ada 4 pokok bahasan yang admin publish sebagai acuan anda mencar ilmu menghadapi UNBK Sosiologi tahun 2019, diantaranya: soal sosiologi wacana konsep dan objek kajian sosiologi, soal sosiologi wacana kehidupan sosial, permasalahan dan solusinya, soal sosiologi wacana masyarakat multikultural, dan perubahan sosial (pembahasan hingga soal nomor 89).

Dan soal bab kesembilan atau terakhir ini, merupakan pokok bahasan yang keempat yang berisikan soal wacana Penelitian Sosial dengan sub pokok bahasan "Penelitian Sosial dan Pendekatan dalam Penelitian Sosial" dan "Rancangan Penelitian, Laporan Penelitian, dan Manfaat Penelitian" dimulai dari soal nomor 90 berikut ini:

90. Unsur-unsur budaya yang ada dalam masyarakat diteliti melalui penelitian etnografis. Penelitian etnografis bertujuan mempelajari unsur kebudayaan masyarakat. untuk memperoleh data dalam acara penelitian tersebut, penelitian harus melaksanakan pengamatan dalam kurun waktu yang lama. Hasil penelitian dijabarkan dalam bentuk uraian panjang yang mempunyai makna mendalam. Berdasarkan klarifikasi tersebut penelitian yang dimaksud ialah jenis penelitian ….
a. eksperimen
b. eksploratif
c. eksploratori
d. kuantitatif
e. kualitatif
Jawaban: E
Pemabahsan:
Penelitian kualitatif ialah penelitian yang analisisnya berusaha memahami makna yang ada dibalik data sosial yang diamati oleh peneliti.

91. Dewangga ialah warga pendatang gres yang berasal dari kota Jakarta. Sebagai  warga baru, ia sangat mengagumi budaya di daerah barunya. Dewangga memutuskan untuk mengetahui lebih jauh wacana kehidupan masyarakat jawa timur, daerah ia tinggal sekarang. Kegiatan penelitian yang dilakukan oleh dewangga termasuk dalam jenis penelitian …..
a. eksplanatoris
b.komparatif
c. eksploratif
d. korelatif
e. survey
Jawaban: C
Pembahasan:
Penelitian eksploratif ialah penelitian yang bertujuan mendapat pengetahuan wacana apa yang belum pernah diketahui.

92. Setiap acara penelitian yang dilakukan mempunyai unsur manfaat bagi masyarakat. acara tamat dari suatu penelitian ialah penyusunan hasil laporan. Manfaat laporan penelitian bagi pemerintah ialah ….
a. sebagai acuan bagi penelitian selanjutnya
b. menunjukkan temuannya kepada masyarakat
c. memberi ilmu yang bermanfaat kepada masyarakat luas
d. untuk menunjukkan hasil penelitian kepada pemberi dana
e. dasar untuk menciptakan kebijakan yang sesuai kondisi masyarakat
Jawaban: E
Pembahasan:
Hasil laporan penelitian sanggup dipakai pemerintah sebagai contoh dalam mengambil kebiajkan berkaitan dengan hal yang telah diteliti sehingga kebijakan yang diambil sanggup sesuai sasaran.

93. Dalam menulis laporan penelitian, setiap peneliti wajib untuk mencantumkan daftar acuan yang dipakai sebagai sumber bacaan pada bab ….
a. daftar lampiran
b. daftar pustaka
c. landasan teori
d. pendahuluan
e. lampiran
Jawaban: B
Pembahasan:
Daftar pustaka ialah bab tamat dari laporan penelitian yang difungsikan untuk mencantumkan semua sumber dan bahan-bahan yang dijadikan sebagai rujukan dalam sebuah penyusunan laporan penelitian.

Baca juga: Contoh Soal USBN Sosiologi Sekolah Menengan Atas dan Kunci Jawabannya
Advertisement

Iklan Sidebar